Sosialisasi Pendidikan Penghitungan Zakat: Studi Literasi di TPQ Nurul Ulum Desa Rogoselo

Authors

  • Dini Febianti UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan Author
  • Nanik Shofiyani UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan Author
  • Kaela Najwa Himatul Ulya UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan Author

DOI:

https://doi.org/10.64198/abdinusantara.v1i1.7

Keywords:

Sosialisasi, Anak-anak TPQ, Pendidikan Agama Islam, Literasi Zakat

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan literasi zakat pada anak-anak di TPQ Nurul Ulum Desa Rogoselo, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan. Literasi zakat sangat penting dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, terutama untuk membantu anak-anak memahami konsep matematis seperti nisab dan haul. Permasalahan yang diidentifikasi adalah rendahnya pemahaman anak-anak terhadap materi zakat, yang disebabkan oleh metode dan media pembelajaran yang kurang relevan. Kegiatan ini diawali dengan analisis kebutuhan dan diskusi dengan pengurus TPQ untuk memahami permasalahan pembelajaran. Studi literatur dilakukan untuk menentukan metode pembelajaran yang efektif, dilanjutkan dengan perencanaan kegiatan. Pada tahap implementasi, materi tentang zakat disampaikan secara luring melalui pendekatan interaktif, termasuk penggunaan alat bantu visual, permainan edukatif, dan simulasi. Sebanyak 12 santriwan/santriwati dan satu ustadzah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman anak-anak terhadap pengertian, pentingnya, dan cara penghitungan zakat. Pendekatan inovatif ini berhasil menumbuhkan minat peserta terhadap materi zakat sekaligus meningkatkan pemahaman mereka secara aplikatif. Kegiatan ini diharapkan menjadi model pembelajaran yang efektif untuk diterapkan di lembaga pendidikan Islam lainnya dan mendorong pemanfaatan zakat untuk meningkatkan kesejahteraan anak-anak di TPQ.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmadi. (2005). No Title. In Ideologi Pendidikan Islam, Paradigma Humanisme Teosentris.

Anhar, A. (2021). Pengembangan Media Wheelsmatik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perhitungan Zakat di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 935–956. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.272

Arsa, M. F., Abdullah, A. S., & Rejito, J. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Geografis Kebun Binatang Berbasis Progressive Web Application (PWA) dengan Metode Prototype (Studi Kasus Kebun Binatang Bandung). Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 7(3), 119–129. https://doi.org/10.25077/teknosi.v7i3.2021.119-129

Aryani, A. T. D., & Rosyid, A. (2023). Literasi Zakat pada pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dan Perguruan Tinggi Umum di Pekalongan. Jurnal …, 7, 2263–2272.

M. Hanif Satria Budi, & Suwarno. (2023). Penyuluhan Dan Pelatihan Penghitungan Zakat Mal Pada Masyarakat Di Desa Sumberbendo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Desa (JPMD), 4(3), 316–326. https://doi.org/10.58401/jpmd.v4i3.1088

Tho’in, M., Budiyono, Ma’ruf, M. H., & Rukmini. (2020). PENDAMPINGAN PENGELOLAAN DAN PERHITUNGAN DANA ZAKAT SESUAI SYARIAT ISLAM BAGI PARA TAKMIR MASJID Muhammad Tho’in, Budiyono , M. Hasan Ma’ruf, Rukmini. Budimas, 02(01), 55–63.

Published

01-02-2025

How to Cite

Febianti, D., Shofiyani, N., & Ulya, K. N. H. (2025). Sosialisasi Pendidikan Penghitungan Zakat: Studi Literasi di TPQ Nurul Ulum Desa Rogoselo. ABDI NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 19-24. https://doi.org/10.64198/abdinusantara.v1i1.7

Similar Articles

1-10 of 15

You may also start an advanced similarity search for this article.