Peran Plang Edukasi dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat terhadap Kebersihan Lingkungan di Desa Parambambe Kabupaten Takalar
DOI:
https://doi.org/10.64198/abdinusantara.v1i3.48Keywords:
Plang Edukasi, Kesadaran Lingkungan, Partisipasi Masyarakat, Komunikasi Visual, KebersihanAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan melalui pemasangan plang edukasi di Desa Parambambe, Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dengan melibatkan warga secara aktif dalam setiap tahap kegiatan, mulai dari identifikasi masalah, perancangan pesan visual, hingga evaluasi dampak. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi lapangan, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa plang edukasi berperan efektif dalam membangun kesadaran dan perilaku kolektif terhadap kebersihan lingkungan. Warga mulai menerapkan kebiasaan memilah sampah, menjaga kebersihan pekarangan, serta berpartisipasi dalam kegiatan kebersihan bersama. Selain itu, muncul rasa tanggung jawab sosial dan gotong royong sebagai wujud kepedulian ekologis. Secara keseluruhan, kegiatan ini membuktikan bahwa edukasi lingkungan berbasis media visual lokal dapat menjadi strategi komunikasi publik yang murah, kontekstual, dan berkelanjutan dalam mendorong perubahan perilaku ekologis masyarakat pedesaan.
Downloads
References
Boehnert, J. (2012). Komunikasi visual literasi ekologis. University of Brighton. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.4548.3125
Butkevičiūtė, K. (2023). Meningkatkan hasil kesehatan di area alami: Peran papan interpretatif dan partisipasi warga. Lund University. https://doi.org/10.24834/9789179296143
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Penelitian kualitatif dan desain riset: Memilih di antara lima pendekatan (Edisi ke-4). SAGE Publications. https://doi.org/10.4135/9781506335193
Denzin, N. K. (2017). Tindakan penelitian: Pendahuluan teoretis terhadap metode sosiologis. SAGE Publications. https://doi.org/10.4135/9781526416062
Ferreira, G. (1998). Pendidikan lingkungan melalui kegiatan mendaki: Investigasi kualitatif. Environmental Education Research, 4(2), 177–184. https://doi.org/10.1080/1350462980040205
Hansen, A., & Machin, D. (2013). Meneliti komunikasi lingkungan visual. Environmental Communication, 7(2), 151–168. https://doi.org/10.1080/17524032.2013.775782
Hidayati, N., & Kusuma, A. (2022). Peran media visual dalam kampanye lingkungan: Studi kasus plang kebersihan. Jurnal Komunikasi Lingkungan, 6(1), 55–66. https://doi.org/10.47267/jkl.v6i1.456
Ismail, I. R. (2024). Meningkatkan komunikasi lingkungan melalui pendidikan: Strategi untuk mendorong keberlanjutan. Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.240125.045
Janeczko, E., Wojtan, R., Korcz, N., & Woźnicka, M. (2021). Papan interpretatif sebagai alat untuk mendukung pendidikan lingkungan informal pada contoh hutan kota Warsawa. Forests, 12(8), 1091. https://doi.org/10.3390/f12081091
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2022). Laporan pengelolaan sampah nasional. KLHK. https://www.menlhk.go.id
Khanum, N. (2024). Sekolah pemerintah desa sebagai katalis pembangunan pedesaan berkelanjutan melalui perlindungan lingkungan, pertanian, dan program budaya. Northern International Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 11–18. https://doi.org/10.5281/zenodo.10563419
Li, P. (2022). Studi awal tentang faktor-faktor yang memengaruhi komunikasi visual budaya pedesaan: Berdasarkan teori beralas (grounded theory). Studies in Social Science and Humanities, 2(1), 44–56. https://doi.org/10.56397/SSSH.2022.01.07
Marpa, E. P. (2020). Menavigasi praktik pendidikan lingkungan untuk meningkatkan kesadaran dan pendidikan lingkungan. ERIC Institute of Education Sciences. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.20610.32968
Masemene, K. J., & Msezane, S. B. (2021). Eksplorasi komponen literasi lingkungan dalam mendorong perilaku berkelanjutan: Studi kasus sekolah dasar pedesaan. Journal of Education and Learning Studies, 11(3), 25–34. https://doi.org/10.20897/ejmste/980968
Oe, H., Yamaoka, Y., & Ochiai, H. (2022). Penilaian kualitatif terhadap inisiatif pembelajaran komunitas untuk kesadaran dan perubahan perilaku lingkungan: Penerapan pendidikan UNESCO untuk pembangunan berkelanjutan. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(6), 3528. https://doi.org/10.3390/ijerph19063528
Parker, L., & Prabawa-Sear, K. (2020). Pendidikan lingkungan di Indonesia: Menciptakan warga negara yang bertanggung jawab di Global South? Routledge. https://doi.org/10.4324/9780367854847
Sotés, I., & Basterretxea-Iribar, I. (2020). Pemahaman lingkungan, persepsi papan peringatan, dan pendidikan keselamatan pada pengunjung pantai Biscay. Ocean & Coastal Management, 194, 105254. https://doi.org/10.1016/j.ocecoaman.2020.105254
Tidball, K. G., & Krasny, M. E. (2011). Menuju ekologi pendidikan dan pembelajaran lingkungan. Ecology and Society, 16(2), 21. https://doi.org/10.5751/ES-04134-160321
Wibowo, A., & Lestari, E. (2024). Tantangan dan peluang dalam membangun kesadaran lingkungan di wilayah DAS Keduang, Indonesia. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1302(1), 012073. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1302/1/012073
Wiyono, S. H., Subianto, A., & Nuhman, N. (2023). Pengembangan ekowisata berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat: Studi kasus Pusat Pendidikan Lingkungan di Desa Seloliman, Indonesia. Society: Journal of Social Sciences, 11(2), 101–113. https://doi.org/10.33019/society.v11i2.528
Yeşilyurt, M., Balakoğlu, M. O., & Erol, M. (2020). Dampak kegiatan pendidikan lingkungan terhadap kesadaran dan ekspresi visual siswa sekolah dasar. Qualitative Research in Education, 9(2), 175–200. https://doi.org/10.17583/qre.2020.5115
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.
 
						 
							





