Menguatkan Literasi Keuangan Ustadzah melalui Edukasi Partisipatif di TK IT Adzkia 3 Padang

Authors

  • Anatia Agusti Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang Author
  • Berta Agus Petra Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang Author
  • Devi Edriani Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang Author

DOI:

https://doi.org/10.64198/abdinusantara.v1i2.35

Keywords:

Literasi Keuangan, Perencanaan Keuangan, Investasi, Pemberdayaan Guru

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran para ustadzah TK IT Adzkia 3 Padang terhadap pentingnya literasi keuangan sebagai bagian dari kompetensi personal dan bekal kesejahteraan keluarga. Metode yang digunakan dalam program ini adalah pendekatan Participatory Action Research (PAR), yang melibatkan mitra secara aktif sejak tahap perencanaan hingga evaluasi kegiatan. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan studi pendahuluan dan wawancara untuk mengidentifikasi kebutuhan mitra, diikuti dengan edukasi literasi keuangan yang mencakup pemahaman dasar, perencanaan keuangan, kebiasaan menabung, dan pengenalan investasi sederhana. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa sebagian besar peserta belum memiliki kebiasaan mencatat dan mengelola keuangan secara sistematis sebelum kegiatan dilakukan. Setelah mengikuti pelatihan, para ustadzah memahami pentingnya merencanakan keuangan pribadi, menyusun prioritas pengeluaran, serta mulai mempertimbangkan bentuk investasi jangka panjang yang sesuai dengan kapasitas ekonomi mereka, seperti emas dan reksa dana. Kegiatan ini juga berhasil meningkatkan partisipasi aktif peserta dan mendorong terbentuknya kesadaran reflektif dalam pengelolaan keuangan. Kesimpulan dari kegiatan ini menegaskan bahwa edukasi literasi keuangan berbasis partisipatif efektif dalam meningkatkan kapasitas ekonomi individu sekaligus membentuk agen literasi keuangan di lingkungan sekolah dan keluarga. Program ini disarankan untuk dilanjutkan secara berkala dengan penguatan materi lanjutan dan melibatkan keluarga sebagai bagian dari target edukasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asnawi, Meinarni, Cornelia D. Matani, Kurniawan Patma, Pengenalan Pendidikan Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini Pada Kelas Binaan Jurusan Akuntansi Di Buper, The Community Engagement Journal, Volume 2, Nomor 1, Januari-Mei 2019.

Fajri Zaenol; Syaidatul Mukaroma. (2021). Pendidikan Akhlak Perspektif Al Ghazali Dalam Menanggulangi Less Moral Value. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 31–47. https://www.ejournal.unuja. ac.id/index.php/edureligia/article/view/1964

Gol A Gong dan Agus M. Irkham, Gempa Literasi: Dari Kampung untuk Nusantara. Jakarta, Kepustakaan Populer Gramedia, 2012

D. Ariyani, “Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Purwokerto,” Yinyang J. Stud. Islam Gend. Dan Anak, vol. 13, no. 2, pp. 175–190, 2018.

Margaretha, F., dan Pambudhi, R.A. (2015). Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. JMK, Vol.17, No 1.

Nurbaeti, dkk. 2021. Pengenalan Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Para Guru. ABDIMISI Vol. 2, No. 2 Juni 2021.

Permana, Silvester Dian Handy, dkk. 2024. PELATIHAN DASAR-DASAR PENGELOLAAN KEUANGAN SECARA DIGITALBASIC TRAINING OF DIGITAL FINANCIAL MANAGEMENT.Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol.2, No.3,

Yulianto, Arief dkk. 2023. PENGUATAN LITERASI KEUANGAN BAGI GURU DI KABUPATEN TEMANGGUNGDANWONOSOBO.JurnalAdam :Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vo. 2. No. 2. DOI: 10.37081/adam.v2i2.1562

https://ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/Pages/literasi-keuangan.asp

Published

01-05-2025

How to Cite

Agusti, A., Petra, B. A., & Edriani, D. (2025). Menguatkan Literasi Keuangan Ustadzah melalui Edukasi Partisipatif di TK IT Adzkia 3 Padang. ABDI NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 167-171. https://doi.org/10.64198/abdinusantara.v1i2.35

Similar Articles

1-10 of 14

You may also start an advanced similarity search for this article.