Menguatkan Literasi Keuangan Ustadzah melalui Edukasi Partisipatif di TK IT Adzkia 3 Padang
DOI:
https://doi.org/10.64198/abdinusantara.v1i2.35Keywords:
Literasi Keuangan, Perencanaan Keuangan, Investasi, Pemberdayaan GuruAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran para ustadzah TK IT Adzkia 3 Padang terhadap pentingnya literasi keuangan sebagai bagian dari kompetensi personal dan bekal kesejahteraan keluarga. Metode yang digunakan dalam program ini adalah pendekatan Participatory Action Research (PAR), yang melibatkan mitra secara aktif sejak tahap perencanaan hingga evaluasi kegiatan. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan studi pendahuluan dan wawancara untuk mengidentifikasi kebutuhan mitra, diikuti dengan edukasi literasi keuangan yang mencakup pemahaman dasar, perencanaan keuangan, kebiasaan menabung, dan pengenalan investasi sederhana. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa sebagian besar peserta belum memiliki kebiasaan mencatat dan mengelola keuangan secara sistematis sebelum kegiatan dilakukan. Setelah mengikuti pelatihan, para ustadzah memahami pentingnya merencanakan keuangan pribadi, menyusun prioritas pengeluaran, serta mulai mempertimbangkan bentuk investasi jangka panjang yang sesuai dengan kapasitas ekonomi mereka, seperti emas dan reksa dana. Kegiatan ini juga berhasil meningkatkan partisipasi aktif peserta dan mendorong terbentuknya kesadaran reflektif dalam pengelolaan keuangan. Kesimpulan dari kegiatan ini menegaskan bahwa edukasi literasi keuangan berbasis partisipatif efektif dalam meningkatkan kapasitas ekonomi individu sekaligus membentuk agen literasi keuangan di lingkungan sekolah dan keluarga. Program ini disarankan untuk dilanjutkan secara berkala dengan penguatan materi lanjutan dan melibatkan keluarga sebagai bagian dari target edukasi.
Downloads
References
Asnawi, Meinarni, Cornelia D. Matani, Kurniawan Patma, Pengenalan Pendidikan Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini Pada Kelas Binaan Jurusan Akuntansi Di Buper, The Community Engagement Journal, Volume 2, Nomor 1, Januari-Mei 2019.
Fajri Zaenol; Syaidatul Mukaroma. (2021). Pendidikan Akhlak Perspektif Al Ghazali Dalam Menanggulangi Less Moral Value. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 31–47. https://www.ejournal.unuja. ac.id/index.php/edureligia/article/view/1964
Gol A Gong dan Agus M. Irkham, Gempa Literasi: Dari Kampung untuk Nusantara. Jakarta, Kepustakaan Populer Gramedia, 2012
D. Ariyani, “Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Purwokerto,” Yinyang J. Stud. Islam Gend. Dan Anak, vol. 13, no. 2, pp. 175–190, 2018.
Margaretha, F., dan Pambudhi, R.A. (2015). Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. JMK, Vol.17, No 1.
Nurbaeti, dkk. 2021. Pengenalan Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Para Guru. ABDIMISI Vol. 2, No. 2 Juni 2021.
Permana, Silvester Dian Handy, dkk. 2024. PELATIHAN DASAR-DASAR PENGELOLAAN KEUANGAN SECARA DIGITALBASIC TRAINING OF DIGITAL FINANCIAL MANAGEMENT.Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol.2, No.3,
Yulianto, Arief dkk. 2023. PENGUATAN LITERASI KEUANGAN BAGI GURU DI KABUPATEN TEMANGGUNGDANWONOSOBO.JurnalAdam :Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vo. 2. No. 2. DOI: 10.37081/adam.v2i2.1562
https://ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/Pages/literasi-keuangan.asp
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.
 
						 
							





