Membangun Jiwa Wirausaha: Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Produk Kreatif untuk Siswa SMA

Building an Entrepreneurial Spirit: Creative Product-Based Entrepreneurship Training for High School Students

Authors

  • Maria Waldetrudis Gau Universitas San Pedro Author
  • Novianti Lemba Mbaya Universitas San Pedro Author

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdinusantara.v1i1.15

Keywords:

Kewirausahaan, Produk Kreatif, Pendidikan Berbasis Pengalaman, Siswa SMA

Abstract

Kewirausahaan memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja. Namun, minat dan pemahaman siswa SMA terhadap kewirausahaan masih rendah, termasuk di SMA Nusa Cendana International Plus School. Untuk itu, program pelatihan kewirausahaan berbasis produk kreatif dirancang guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam bidang kewirausahaan. Program ini mengintegrasikan pembelajaran teori, praktik langsung, dan evaluasi berkelanjutan. Pelatihan ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan workshop, praktik pembuatan produk kreatif, implementasi melalui kegiatan Mini Market Day, serta evaluasi program. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman siswa tentang kewirausahaan, dari 25% sebelum pelatihan menjadi 80% setelahnya. Siswa juga berhasil menciptakan dan memasarkan produk kreatif, dengan beberapa kelompok mencapai keuntungan hingga 200% dari modal awal. Selain itu, pengalaman nyata selama pelatihan berhasil menumbuhkan rasa percaya diri dan jiwa inovatif siswa dalam berwirausaha. Meskipun program ini menghadapi tantangan, seperti keterbatasan waktu untuk melatih aspek teknis tertentu, keberhasilannya menunjukkan bahwa pelatihan berbasis pengalaman dan kreativitas efektif dalam membangun jiwa kewirausahaan siswa. Program ini berpotensi untuk diterapkan lebih luas sebagai upaya mencetak generasi muda yang kreatif, inovatif, dan mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauziah, D., Susilowati, I., & Mulyati, S. (2020). Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan terhadap Peningkatan Kemampuan Wirausaha Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 45-56.

Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Zimmerer, T. W., & Scarborough, N. M. (2008). Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management. Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall.

Published

20-03-2025

How to Cite

Membangun Jiwa Wirausaha: Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Produk Kreatif untuk Siswa SMA: Building an Entrepreneurial Spirit: Creative Product-Based Entrepreneurship Training for High School Students. (2025). ABDI NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 64-68. https://doi.org/10.59632/abdinusantara.v1i1.15

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.