Taman Literasi untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa di MIS Muhammadiyah Parambambe, Kabupaten Takalar

Authors

  • Ummu Khaltsum Universitas Muhammadiyah Makassar Author
  • Kurniawati Universitas Muhammadiyah Makassar Author
  • Sarbadaniar Universitas Muhammadiyah Makassar Author
  • Abu Bakar Universitas Muhammadiyah Makassar Author

DOI:

https://doi.org/10.64198/abdinusantara.v1i3.47

Keywords:

Literasi Membaca, Taman Literasi, Partisipasi Sekolah, Budaya Literasi

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan literasi membaca siswa melalui pengadaan Taman Literasi di MIS Muhammadiyah Parambambe, Kabupaten Takalar. Rendahnya minat baca dan keterbatasan sarana pendukung literasi menjadi dasar dilaksanakannya program ini. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dengan melibatkan guru, siswa, dan pihak sekolah secara aktif dalam setiap tahapan kegiatan, mulai dari observasi kebutuhan, perencanaan, pembangunan fasilitas, hingga pelaksanaan kegiatan literasi. Hasil pelaksanaan menunjukkan peningkatan signifikan terhadap minat dan kemampuan membaca siswa. Siswa menjadi lebih antusias dalam membaca karena tersedianya fasilitas yang nyaman, koleksi bacaan yang bervariasi, serta kegiatan literasi yang menarik seperti pojok baca, pendampingan membaca, dan lomba literasi. Program ini juga mendorong terbentuknya kebiasaan membaca mandiri dan budaya literasi di lingkungan madrasah. Meskipun terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan anggaran dan waktu pendampingan guru, solusi melalui donasi buku, partisipasi mahasiswa KKN, serta kegiatan interaktif terbukti efektif. Dengan demikian, Taman Literasi menjadi sarana strategis dan berkelanjutan dalam menumbuhkan budaya membaca di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpiana Puji Astuti & Siti Istianingsih. (2022). Pentingnya membangun budaya literasi (budaya membaca) pada anak SD di era digital. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolahan Pendidikan, 12(2), 4–9.

Azalia Fajri Yasin dkk. (2024). program pengadan tempat sampah di kelurahan klawuyuk dan sekolah dasar islam terpadu daarul fikri cendekia. Jurnal Pengabdian Nasional, 5(2).

Habibi, S. (2020). Literasi matematika dalam menyambut PISA 2021 berdasarkan kecakapan Abad 21.

Iin Kusniati. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Peserta didik Melalui Penyelesaian Soal-Soal Ekspresi Aljabar Di SMP Negeri 1 Lambu Kibang.

Mhd Rizkiy Bahan S et all. (2022). Peran Literasi Baca Tulis Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 49–59.

Nurul Anisa & Hadikusuma Ramadan. (2021). Peran kepala sekolah dan guru dalam menumbuhkan perilaku hidup sehat pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4).

Wina Sanjaya. (2021). Strategi Pembelajaran Beriorientasi standar proses pendidikan. Kencana, Jakarta.

Published

31-08-2025

How to Cite

Khaltsum, U., Kurniawati, K., Sarbadaniar, S., & Bakar, A. (2025). Taman Literasi untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa di MIS Muhammadiyah Parambambe, Kabupaten Takalar. ABDI NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 187-192. https://doi.org/10.64198/abdinusantara.v1i3.47

Similar Articles

11-19 of 19

You may also start an advanced similarity search for this article.