Taman Literasi untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa di MIS Muhammadiyah Parambambe, Kabupaten Takalar
DOI:
https://doi.org/10.64198/abdinusantara.v1i3.47Keywords:
Literasi Membaca, Taman Literasi, Partisipasi Sekolah, Budaya LiterasiAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan literasi membaca siswa melalui pengadaan Taman Literasi di MIS Muhammadiyah Parambambe, Kabupaten Takalar. Rendahnya minat baca dan keterbatasan sarana pendukung literasi menjadi dasar dilaksanakannya program ini. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dengan melibatkan guru, siswa, dan pihak sekolah secara aktif dalam setiap tahapan kegiatan, mulai dari observasi kebutuhan, perencanaan, pembangunan fasilitas, hingga pelaksanaan kegiatan literasi. Hasil pelaksanaan menunjukkan peningkatan signifikan terhadap minat dan kemampuan membaca siswa. Siswa menjadi lebih antusias dalam membaca karena tersedianya fasilitas yang nyaman, koleksi bacaan yang bervariasi, serta kegiatan literasi yang menarik seperti pojok baca, pendampingan membaca, dan lomba literasi. Program ini juga mendorong terbentuknya kebiasaan membaca mandiri dan budaya literasi di lingkungan madrasah. Meskipun terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan anggaran dan waktu pendampingan guru, solusi melalui donasi buku, partisipasi mahasiswa KKN, serta kegiatan interaktif terbukti efektif. Dengan demikian, Taman Literasi menjadi sarana strategis dan berkelanjutan dalam menumbuhkan budaya membaca di sekolah.
Downloads
References
Alpiana Puji Astuti & Siti Istianingsih. (2022). Pentingnya membangun budaya literasi (budaya membaca) pada anak SD di era digital. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolahan Pendidikan, 12(2), 4–9.
Azalia Fajri Yasin dkk. (2024). program pengadan tempat sampah di kelurahan klawuyuk dan sekolah dasar islam terpadu daarul fikri cendekia. Jurnal Pengabdian Nasional, 5(2).
Habibi, S. (2020). Literasi matematika dalam menyambut PISA 2021 berdasarkan kecakapan Abad 21.
Iin Kusniati. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Peserta didik Melalui Penyelesaian Soal-Soal Ekspresi Aljabar Di SMP Negeri 1 Lambu Kibang.
Mhd Rizkiy Bahan S et all. (2022). Peran Literasi Baca Tulis Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 49–59.
Nurul Anisa & Hadikusuma Ramadan. (2021). Peran kepala sekolah dan guru dalam menumbuhkan perilaku hidup sehat pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4).
Wina Sanjaya. (2021). Strategi Pembelajaran Beriorientasi standar proses pendidikan. Kencana, Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.
 
						 
							





