Pelatihan Pengenalan Artifical Intelligence (AI) Bagi Guru Dalam Meningkatkan Pengetahuan
DOI:
https://doi.org/10.64198/abdinusantara.v1i2.21Keywords:
Artificial Intellegence, meningkatkan pengetahuan, guruAbstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan kepala sekolah KB Harapan Bangsa yaitu ibu Herli Marlina, S.Pd mengatakan bahwa salah satu bagian dari permasalahan yang terjadi saat ini pada guru TK/setara yaitu kemampuan guru dalam mengadopsi teknologi perlu di tingkatkan lagi, khusus untuk KB Harapan Bangsa para guru sangat minim mendapatkan pengetahuan, baik dalam bentuk sosialisasi, pelatihan dan juga pendampingan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam penguasaan dan atau mengintegrasikan teknologi digital. Padalahal, pada era revolusi industri 4.0 ini, sangat penting bagi guru bagaimana mereka mampu mengadopsi teknologi dalam meningkatkan pengetahuan mereka dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penulis mengadakan PKM dengan tema pelatihan pengenalan artifical intelligence (AI) bagi guru dalam meningkatkan pengetahuan mereka. Dari segi alat dan atau sarana, pelatihan AI ini sangat mudah didapatkan oleh guru, karena selain dari laptop, handphone juga bisa digunakan.
Downloads
References
Ermy Dikta Sumanik, Axelon Samuel Renyaan, & Andrijanni. (2022). Penguatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Guru-Guru TK. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(3), 307–312. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i3.643
Hanik, E. U., Puspitasari, D., Safitri, E., Firdaus, H. R., Pratiwi, M., & Inayah, R. N. (2022). Integrasi Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar SIKL dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(1), 15–27. https://doi.org/10.55868/jeid.v2i1.97
Hidayati, D., Istiqomah, I., Afriliandhi, C., Fadhila, P., Sidi Melawati, A., & Juita Usmar, R. (2022). Pelatihan Media Quizizz untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru TK di Kalurahan Tamanmartani. Amaliah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 8–15. https://doi.org/10.51454/amaliah.v5i1.509
Krobo, A., Sumantri, M. S., & Dhieni, N. (2022). Sikap Guru dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 06 Sentani. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 9(1), 12–23. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/116993%0Ahttp://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/download/116993/106403
Yulisman, H., Widodo, A., Riandi, & Nurina, C. I. E. (2019). Kontribusi pengetahuan konten, pedagogi, dan teknologi terhadap pembentukan TPACK guru IPA. Jurnal Edusains, 11(2), 173–185.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Romi Cendra, Novri Gazali, Mimi Yulianti, Jumita Sari, Rapindo, Muhammad Fiqih Firanda (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.