Pelatihan Pengenalan Artifical Intelligence (AI) Bagi Guru Dalam Meningkatkan Pengetahuan

Authors

  • Romi Cendra Universitas Islam Riau Author
  • Novri Gazali Universitas Islam Riau Author
  • Mimi Yulianti Universitas Islam Riau Author
  • Jumita Sari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Author
  • Rapindo Universitas Islam Riau Author
  • Muhammad Fiqih Firanda Universitas Islam Riau Author

DOI:

https://doi.org/10.64198/abdinusantara.v1i2.21

Keywords:

Artificial Intellegence, meningkatkan pengetahuan, guru

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan kepala sekolah KB Harapan Bangsa yaitu ibu Herli Marlina, S.Pd mengatakan bahwa salah satu bagian dari permasalahan yang terjadi saat ini pada guru TK/setara yaitu kemampuan guru dalam mengadopsi teknologi perlu di tingkatkan lagi, khusus untuk KB Harapan Bangsa para guru sangat minim mendapatkan pengetahuan, baik dalam bentuk sosialisasi, pelatihan dan juga pendampingan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam penguasaan dan atau mengintegrasikan teknologi digital. Padalahal, pada era revolusi industri 4.0 ini, sangat penting bagi guru bagaimana mereka mampu mengadopsi teknologi dalam meningkatkan pengetahuan mereka dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penulis mengadakan PKM dengan tema pelatihan pengenalan artifical intelligence (AI) bagi guru dalam meningkatkan pengetahuan mereka. Dari segi alat dan atau sarana, pelatihan AI ini sangat mudah didapatkan oleh guru, karena selain dari laptop, handphone juga bisa digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ermy Dikta Sumanik, Axelon Samuel Renyaan, & Andrijanni. (2022). Penguatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Guru-Guru TK. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(3), 307–312. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i3.643

Hanik, E. U., Puspitasari, D., Safitri, E., Firdaus, H. R., Pratiwi, M., & Inayah, R. N. (2022). Integrasi Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar SIKL dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(1), 15–27. https://doi.org/10.55868/jeid.v2i1.97

Hidayati, D., Istiqomah, I., Afriliandhi, C., Fadhila, P., Sidi Melawati, A., & Juita Usmar, R. (2022). Pelatihan Media Quizizz untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru TK di Kalurahan Tamanmartani. Amaliah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 8–15. https://doi.org/10.51454/amaliah.v5i1.509

Krobo, A., Sumantri, M. S., & Dhieni, N. (2022). Sikap Guru dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 06 Sentani. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 9(1), 12–23. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/116993%0Ahttp://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/download/116993/106403

Yulisman, H., Widodo, A., Riandi, & Nurina, C. I. E. (2019). Kontribusi pengetahuan konten, pedagogi, dan teknologi terhadap pembentukan TPACK guru IPA. Jurnal Edusains, 11(2), 173–185.

Published

01-05-2025

How to Cite

Cendra, R. ., Gazali, N. ., Yulianti, M. ., Sari, J. ., Rapindo, R., & Firanda, M. F. . (2025). Pelatihan Pengenalan Artifical Intelligence (AI) Bagi Guru Dalam Meningkatkan Pengetahuan. ABDI NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 78-86. https://doi.org/10.64198/abdinusantara.v1i2.21

Similar Articles

1-10 of 17

You may also start an advanced similarity search for this article.