Peningkatan Kapasitas Pemandu Wisata Arsitektur Kota melalui Pelatihan Bahasa Inggris dan Visual Storytelling
DOI:
https://doi.org/10.64198/abdinusantara.v1i2.25Keywords:
Pelatihan, Pemandu Wisata, Arsitektur Kota, Bahasa Inggris, Visual StorytellingAbstract
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pemandu wisata arsitektur kota dalam menghadapi wisatawan asing dengan membekali mereka keterampilan bahasa Inggris tematik serta teknik penyampaian narasi visual. Kegiatan ini dilakukan melalui pelatihan intensif yang mencakup pengajaran kosakata arsitektur dalam bahasa Inggris, pengenalan metode visual storytelling, serta praktik langsung di kawasan bersejarah Kota Makassar. Peserta yang terdiri dari pemandu wisata lokal dan mahasiswa tingkat akhir, menunjukkan peningkatan signifikan dalam kepercayaan diri, penguasaan kosakata teknis, dan kreativitas dalam menyampaikan cerita arsitektur menggunakan media visual. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa kombinasi pelatihan bahasa dan teknik penyampaian visual efektif dalam meningkatkan kualitas pelayanan wisata, terutama dalam mempromosikan budaya dan warisan arsitektur Kota Makassar kepada wisatawan asing. Program ini mendukung profesionalisme pemandu wisata lokal dalam menghadapi tantangan globalisasi pariwisata dan mempermudah komunikasi antarbudaya.
Downloads
References
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. W.H. Freeman.
Beirman, D. (2016). Tourism crises and destination recovery: Marketing strategies for destinations in crisis. CABI.
Brown, S. (2015). The role of language proficiency in tourism guiding: A study of Indonesian tour guides. Journal of Tourism and Cultural Change, 13(3), 188–202. https://doi.org/10.1080/14766825.2014.934380
Gunawan, H. (2020). Strategi interpretasi warisan arsitektur dalam pemanduan wisata di kawasan kota tua. Jurnal Arsitektur dan Pariwisata, 9(2), 123–135.
Hartley, J., & McWilliam, K. (2009). Story circle: Digital storytelling around the world. Wiley-Blackwell.
Hughes, P. (2002). English for international tourism: Coursebook. Longman.
Hyland, K. (2019). Second language writing (2nd ed.). Cambridge University Press.
Kusnadi, R. (2019). Visual storytelling dan pelestarian nilai budaya lokal dalam industri kreatif. Jurnal Ilmu Komunikasi, 14(1), 89–103. https://doi.org/10.24002/jik.v14i1.2467
Lattuca, L. R., Voigt, L. J., & Fath, K. Q. (2017). Does interdisciplinarity promote learning? The Review of Higher Education, 40(1), 1–32.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ivan Fachrul Marsa, Andi Abidah, Agung Rinaldy Malik, Arisa Darwis, Mansyur (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.